Proposal Bisnis Es Krim Singkong (Cassava Ice)

PROPOSAL BISNIS
ES KRIM SINGKONG (CASSAVA ICE)

Diajukan untuk memenuhi Ujian Tengah Semester Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen: Husen Saeful Anwar, S.Sos., M.Si.












Disusun oleh:
Ajeng Sri Utami (1148010024 / VII A)




ADMINISTRASI PUBLIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2017
DAFTAR ISI

DAFTAR ISI i

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Maksud dan Tujuan 2
1.3. Usaha yang Akan Dikembangkan 2

BAB II DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
2.1. Pemasaran 3
2.1.1. Volume permintaan 3
2.1.2. Volume penjualan 3
2.1.3. Program pemasaran 3
2.1.4. Kebijakan harga dan taret penjualan 4
2.2. Aspek Yuridis 4
2.3. Aspek Organisasi dan Manajemen 5
2.3.1. Keadaan organisasi Cassava Ice 6
2.3.2. Kepemilikan 6
2.3.3. Pola manajemen 6
2.3.4. Pembagian tugas 6
2.3.5. Jumlah karyawan 6
2.4. Aspek Teknis Produksi 6
2.4.1. Kebutuhan mesin dan peralatan 6
2.4.2. Pemasok dan kapasitas pemasok 7
2.4.3. Lokasi tempat usaha 8
2.4.4. Persediaan 8
2.4.5. Jumlah tenaga kerja 9
2.4.6. Persoalan limbah dan penanganannya 9
2.5. Aspek Finansial 9
2.5.1. Modal investasi dan modal kerja 9
2.5.2. Arus kas masuk dan keluar 10
2.5.3. Anggaran biaya produksi dan pemasaran 11
2.5.4. Jadwal pengembalian kredit 11
2.6. Aspek Sosial 11

BAB III KESIMPULAN 12

BAB IV PENUTUP 13
BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Desa Wanahayu merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, dengan berbagai keindahan yang ada. Letak desa wanahayu yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah di bidang pertanian, dan perkebunan. Salah satu hasil pertanian yang melimpah adalah tumbuhan Singkong. Maka melihat potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki, hal ini menjadikan peluang terbesar untuk terus meningkatkan kualitas taraf  hidup manusia, selama dapat dikelola dengan baik dan memperkecil angka kerugian yang diakibatkan oleh dampak adanya human error atau karena gejala alam yang tak terelakkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki suhu panas. Es krim adalah panganan yang mudah ditemukan, apalagi di negara Tropis seperti Indonesia ini. Oleh karena itu, saya tertarik ingin membuka usaha Es Krim dengan varian rasa berbeda terutama bahan dasar dari Es Krim tersebut terbuat dari Singkong sebagai menu yang diunggulkan sehingga menarik bagi kalangan muda atau anak-anak dengan menawarkan menu dalam banyak pilihan jenis varian rasa Es Krim dengan harga yang bisa dicapai oleh kalangan masyarakat menengah. Jenis usaha yang akan saya rencanakan adalah sebuah bisnis es krim yang memberikan fasilitas berupa dekorasi ruangan yang unik, keren, menarik, dan lucu sebagai sarana selfie. Sehingga saya memberikan nama jenis usaha ini adalah “Cassava Ice”. Dimana Cassava (Singkong) ini bisa menjadi salah satu pilihan penopang keberagaman dan kemandirian pangan. Dasar pilihannya, karena singkong selain merupakan sumber pangan juga merupakan sumber energi, serta manfaat lainnya untuk industri. Singkatnya dapat dikatakan bahwa manfaat singkong beraneka ragam atau multiguna.



1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud perencanaan pendirian usaha ini adalah untuk memanfaatkan dan membudidayakan tumbuhan khususnya tumbuhan Singkong di Kabupaten Majalengka.
Adapun tujuan yang hendak dicapai perusahaan ialah memperoleh laba serta membantu memberikan kesejahteraan pada masyarakat dengan cara membuka lapangan pekerjaan.
Dengan adanya ide usaha yang terlintas maka saya ingin menciptakan sebuah makanan es krim yang biasanya banyak di sukai oleh anak-anak kecil sampai orang dewasa.

1.3. Usaha yang Akan Dikembangkan
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “Cassava Ice” yang bergerak dalam bidang usaha kuliner makanan ringan yaitu es krim. Jika usaha ini terus dijalankan dan dikembangkan maka akan dibutuhkan banyak karyawan-karyawan sehingga dari usaha es krim ini dapat memberi peluang kepada orang lain untuk mendapat pekerjaan, dalam kata lain dapat mengurangi pengangguran.


BAB II
DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK

2.1. Pemasaran
2.1.1. Volume permintaan
Memperhatikan masyarakat konsumtif di Kabupaten Majalengka didominasi oleh kalangan muda atau anak-anak yang menyukai Es Krim. Maka yang menjadi volume permintaan utama konsumen usaha kami ialah kalangan menengah terutama kalangan muda maupun anak-anak sekolah yang ada di Kabupaten Majalengka khususnya yang berada dekat dengan lokasi usaha kami. Kami menyediakan 5 kulkas freezer yang digunakan untuk menyimpan cup ice cream tersebut, kemudian kami menyediakan beberapa banner dan sticker yang dibuat unik dan lucu beserta gambar-gambar cartoon lucu agar bisa menarik perhatian para konsumen khususnya anak-anak. Tempat atau ruangan kami di susun sedemikian rupa dan tertata rapi agar para pengunjung atau konsumen dapat menikmati ice cream di tempat langsung dan kami menyiapkan 5 meja di luar ruangan dengan kapasitas maksimal 20 konsumen, dan perkiraan minimal 10 konsumen yang datang setiap harinya.

2.1.2. Volume penjualan
Target penjualan yang kami pilih adalah di lokasi dalam Kabupaten Majalengka terutama di Kecamatan Maja yang notabene daerah perumahan dan terdapat banyak sekolah. Lokasi usaha kami berada dipinggir jalan utama yang merupakan salah satu pusat keramaian di Kecamatan Maja  membuat Usaha kami berpotensi menarik banyak pelanggan.

2.1.3. Program pemasaran
Cassava Ice dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai dengan  pukul 17.00 WIB. Kecuali hari raya idul fitri dan idul adha tutup.


2.1.4. Kebijakan harga dan target penjualan
Kebijakan harga dan target penjualan di Cassava Ice tercantum dalam menu sebagai berikut:
MENU
Price
Ice Cream                                                          Small
Original 2.5k
Mango 3k
Chocolate 3k
Dragon Fruit 4k
Strawberry 4k
Medium
Original 5k
Mango 6k
Chocolate 6k
Dragon Fruit 7k
Strawberry 7k
                                                                             Big        
Original 10k
Mango 15k
Chocolate 15k
Dragon Fruit 20k
Strawberry 20k
TOPPING
Mini Chocochips 2k
Coconut 2k
Gummy Bears 2.5
Mallows 2.5
Bubble Gum 3k
Oreos 3k
Peanut Butter Cups 3k
Caramel 1k
Whippend Cream 1k
Chocolate Sauce 1k
Butterfinger 2k
Rainbow Sprinkles 3k

2.2. Aspek Yuridis
Landasan hukum pendirian Cassava Ice kami yaitu kelengkapan persyaratan formal yang dipenuhi oleh owner, berupa:
KTP (Kartu Tanda Penduduk)
KK (Kartu Keluarga)
Sertifikat Tanah
IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)
NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata)
SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
Surat Izin Lingkungan

2.3. Aspek Organisasi dan Manajemen
2.3.1. Keadaan organisasi Casava Ice
Casava Ice bertemakan Unique modern dengan pelayanan yang unik yaitu pelayan wajib menggunakan seragam (kaos) bergambar Singkong  selama hari kerja dan mengenakan topi yang dibuat unik yang mirip dengan gambar Singkong. Dekorasi ruangan akan disesuaikan dengan tema tersebut yaitu dengan memasang sticker lucu, dan lain-lain. Kemudian Struktur Organisasi yang bekerja di Cassava Ice terdiri atas:
Job Description :
1. Pemilik Usaha (1 orang)
Bertindak sebagai manajer yang bertugas untuk mengawasi dan memantau kinerja karyawan/pegawai.
2. Karyawan (5 orang)
- Bertugas menyiapkan peralatan dan bahan baku untuk pembuatan Es Krim Singkong Cassava Ice.
- Bertugas menyiapkan Es Krim Singkong yang sudah di pesan.
- Melakukan pembersihan terhadap peralatan yang sudah di pergunakan dalam pembuatan Es Krim Singkong.
- Melayani dan menerima pesanan dari setiap pembeli yang datang.
- Merapikan tempat penjualan setelah tutup.


2.3.2. Kepemilikan
Kepemilikan Cassava Ice adalah milik pribadi owner sendiri.

2.3.3. Pola manajemen
Cassava Ice dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan  pukul 17.00 WIB. Dengan waktu istirahat pada pukul 12.00 – 12.30 WIB.

2.3.4. Pembagian tugas
Pembagian tugas di Cassava Ice ini terdiri atas:
Position Job Desk
Pemilik Usaha - Mengelola usaha, mengawasi, serta memimpin karyawan dalam melakukan tugas.
- Memberikan arahan mengenai tata cara bekerja dan melayani konsumen.
- Menerima masukan dari konsumen dan menyalurkan masukan terssebut kepada pemimpin untuk direalisasikan.
- Melakukan manajemen kerja dan keuangan.
Karyawan - Melayani konsumen dengan sopan, ramah dan baik
- Memberikan kenyamanan penuh bagi konsumen
Pelanggan Melakukan pemesanan produk

2.3.5. Jumlah karyawan
Adapun keseluruhan karyawan yang bekerja di Cassava Ice ini berjumlah 5 orang.

2.4. Aspek Teknis Produksi
2.4.1. Kebutuhan mesin dan peralatan
Kebutuhan Mesin
Freezer/kulkas  5pcs Rp10.000.000
Sound Speaker   1pcs Rp 200.000
Kipas Angin   1pcs Rp500.000
Mixer 3pcs Rp. 600.000
Blender 3pcs Rp. 1.500.000
Kebutuhan Peralatan
Seragam   5pcs Rp250.000
Topi 5pcs Rp. 100.000
Kompor   1pcs Rp. 500.000
Gas Tabung   1pcs Rp170.000
Panci 4pcs Rp. 160.000
Pengaduk 4pcs Rp. 30.000
Pisau 5pcs Rp. 50.000
Mangkok 5pcs Rp. 50.000
Baskom 5pcs Rp. 75.000
Cup tempat Es Krim + Sendok  Small 10 lusin Rp. 100.000
Cup tempat Es Krim + Sendok  Medium 10 lusin Rp. 150.000
Cup tempat Es Krim + Sendok  Big 10 lusin Rp. 250.000
Meja Rp. 2.000.000
Kursi Rp. 2.000.000
Tempat Sampah Rp. 100.000
Jumlah Rp. 18. 785.000

2.4.2. Pemasok dan kapasitas pemasok
Kategori Kebutuhan Pemasok Kapasitas Pemasok
Singkong 10 kg Pengepul Singkong Rp. 30.000
Santan Pengepul Kelapa Tua Rp. 30.000
Susu Kental Manis 20 Sachet Pasar Rp. 35.000
Vanilla Bubuk 20 bungkus kecil Pasar Rp. 20.000
Gula Pasir 5kg Pasar Rp. 80.000
Garam 5pcs Pasar Rp. 15.000
Buah Mangga 1kg Pasar Rp. 20.000
Buah Naga 1kg Pasar Rp. 10.000

Cokelat Bubuk 20 pcs Pasar Rp. 20.000
Strowberry 1kg Pasar Rp. 30.000
Mini Chocochip 1 kg Pasar Rp. 50.000
Coconut 1 kg Pasar Rp. 45.000
Gummy Bears 1 kg Pasar Rp. 55.000
Mallows 1 kg Pasar Rp. 60.000
Bubble Gum 1 kg Pasar Rp. 60.000
Oreos 1 kg Pasar Rp. 65.000
Peanut Butter Cups 1 kg Pasar Rp. 45.000
Caramel 1 kg Pasar Rp. 40.000
Whippend Cream 1 pcs Pasar Rp. 30.000
Chocolate Sauce 1 pcs Pasar Rp. 30.000
Butterfinger 1 pcs Pasar Rp. 30.000
Rainbow Sprinkles 1 kg Pasar Rp. 65.000
Jumlah Rp. 895.000

2.4.3. Lokasi tempat usaha
Lokasi Cassava Ice berada di jalan Kecamatan Maja Kab.Majalengka.
2.4.4. Persediaan
Persediaan Pemasaran Kapasitas Pemasok
Singkong 10 kg Rp. 30.000
Kelapa Tua (untuk santan) Rp. 30.000
Susu Kental Manis 20 Sachet Rp. 35.000
Vanilla Bubuk 20 bungkus kecil Rp. 20.000
Gula Pasir 5kg Rp. 80.000
Garam 5pcs Rp. 15.000
Buah Mangga 1kg Rp. 20.000
Buah Naga 1 kg Rp. 10.000
Cokelat Bubuk 20 pcs Rp. 20.000
Strowberry 1kg Rp. 30.000
Mini Chocochip 1 kg Rp. 50.000
Coconut 1 kg Rp. 45.000
Gummy Bears 1 kg Rp. 55.000
Mallows 1 kg Rp. 60.000
Bubble Gum 1 kg Rp. 60.000
Oreos 1 kg Rp. 65.000
Peanut Butter Cups 1 kg Rp. 45.000
Caramel 1 kg Rp. 40.000
Whippend Cream 1 pcs Rp. 30.000
Chocolate Sauce 1 pcs Rp. 30.000
Butterfinger 1 pcs Rp. 30.000
Rainbow Sprinkles 1 kg Rp. 65.000
Tisu 5pcs Rp. 50.000
Jumlah Rp. 945.000

2.4.5. Jumlah tenaga kerja
Jumlah tenaga kerja dalam teknis produksi ialah seluruh karyawan yang bekerja di Cassava Ice yaitu 5 orang.

2.4.6. Persoalan limbah dan penanganannya
Mengenai persoalan limbah, kami membagi menjadi dua macam limbah yaitu organik dan non-organik yang akan ditangani dengan cara menyediakan tempat sampah yang terpisah dan akan dibuang secara berkala oleh petugas kebersihan daerah.

2.5. Aspek Finansial
2.5.1. Modal investasi dan modal kerja
Jumlah modal keseluruhan sebesar Rp. 72.030.000 dengan keterangan sebagai berikut:

Modal Investasi
Tanah, Bangunan, Dekorasi Rp 50.000.000
Mesin Rp. 12.800.000
Peralatan Rp. 5. 985.000
Jumlah modal investasi Rp. 68.785.000

Modal Kerja (Biaya Operasional)
Persediaan Rp. 945.000
Gaji Pegawai Rp 2.000.000
Pemasaran Rp300.000
Jumlah modal kerja Rp. 3.245.000


2.5.2. Arus kas masuk dan keluar

Dari perhitungan di atas Modal awal yang diperlukan untuk membuka Es Krim Cassava Ice adalah Rp. 72.030.000 Target awal usaha diperkirakan akan laku sebanyak 2000 cup.
Jika Volume ES Krim Rata – Rata dapat diasumsikan perhari 40 Cup/ hari dengan rincian harga jual sebagai berikut :
Produk (Cassava Ice) Penjualan/hari Harga
Original Small             @Rp.2.500
Original Medium         @Rp.5.000
Original Big              @Rp. 10.000 10 Rp. 25.000
Rp. 50.000
Rp. 100.000
Mango Small              @Rp. 3.000
Mango Medium          @Rp. 6.000
Mango Big                @Rp. 15.000 9 Rp. 27.000
Rp. 54.000
Rp. 135.000
Chocolate Small         @Rp. 3.000
Chocolate Medium     @Rp. 6.000
Chocolate Big           @Rp. 15.000 8 Rp. 24.000
Rp. 48.000
Rp. 120.000
Dragon Fruit Small     @Rp. 4.000
Dragon Fruit Medium @Rp. 7.000
Dragon Fruit Big       @Rp. 20.000 5 Rp. 20.000
Rp. 35.000
Rp. 100.000
Strawberry Small        @Rp. 4.000
Strawberry Medium    @Rp. 7.000
Strawberry Big          @Rp. 20.000 7 Rp. 28.000
Rp. 49.000
Rp. 140.000
Topping                      @Rp.30.000 1 Rp. 30.000
Omset/hari Rp. 985.000
Omset/ bulan Rp. 1.454.000 x 30 hari Rp. 29. 550.000

Laba Kotor / Bulan Rp. 29.550.000
Belanja Bahan Baku (Kebutuhan) Rp. 895.000
Biaya Operasional Rp. 3.245.000
Rp.    4.140.000
Laba Bersih / Bulan Rp. 25. 410.000

Modal Awal / Laba Bersih= Rp. 72.030.000 = 2,83
         Rp. 25.410.000
Jadi ROI atau Balik Modal sekitar 2-3 Bulan .

2.5.3. Anggaran biaya produksi dan pemasaran
Biaya produksi Cassava Ice ini terdiri atas jumlah biaya persediaan selama satu bulan ditambah dengan biaya gaji dan biaya operasional seperti listrik, air, gas, dan kebersihan. Biaya produksi dapat berubah setiap bulannya.
Dalam mempromosikan bisnis ini agar dikenal dan dapat menarik banyak konsumen, kami memasang iklan di baliho di beberapa titik sebulan sebelum Cassava Ice diresmikan buka, serta membuat akun sosial media di Instagram, dan Facebook guna memasarkan produk melalui sosial media. Rincian biaya pemasaran yaitu sebagai berikut:


Teknik Pemasaran Biaya (Rp)
Baliho Rp300,000
Sosial Media* -
Jumlah biaya pemasaran Rp300.000


2.5.4. Jadwal pengembalian kredit
Pengembalian modal investasi owner ditargetkan selama 2 tahun diambil dari laba bersih pendapatan setiap bulannya. Dengan keterangan laba bersih pendapatan disetiap bulannya dikenakan potongan sebagai pengembalian modal kerja yang akan digunakan untuk bulan selanjutnya.

2.6. Aspek Sosial
Dampak yang diperkirakan terjadi dengan adanya bisnis usaha ini terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi  yaitu:
- Membuka lapangan pekerjaan
- Menjadi tempat untuk menyenangkan diri dari rutinitas harian


BAB III
KESIMPULAN

Dari pembahasan yang telah dijelaskan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa usaha es krim ini dapat membuka peluang usaha yang cukup besar dengan memperkuat konsep dan pemasaran yang akan dilakukan agar usaha ini lebih maju dan lebih besar lagi. Selain itu, usaha ini dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi laba yang didapatkan sangat memuaskan. Dan dalam hal keuntungan atau laba juga cukup menjanjikan karena dalam waktu 2 bulan diperkirakan modal telah kembali. Oleh karena itu, Harga yang ditawarkan pun disesuaikan bagi kalangan menengah dan diutamakan target konsumen bagi kalangan muda, mengingat daya konsumtif yang tinggi. Kemudian, promosi dilakukan melalui sosial media seperti Instagram,Facebook serta pemasangan baliho di beberapa titik yang ramai dilewati.



BAB IV
PENUTUP

Harapan-harapan yang diinginkan perusahaan antara lain sebagai berikut:
- Mencapai target pemasukan yang menutupi modal investasi dengan secepat-cepatnya.
- Mencapai kenaikan laba setiap bulannya.
- Menjadi bisnis usaha yang disambut baik oleh masyarakat dan terkenal di kalangan muda.
- Dapat membuka cabang setelah 5 tahun beroperasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengambilan Keputusan dalam Berwirausaha

Legislasi